Pilih Keluar dari Bank untuk menggeluti bisnis Walet

Pilih Keluar dari Bank, Geluti Burung Walet

11/05/2008 05:28:08

MENJADI pengusaha sukses, bagi sebagian orang masih dianggap sulit. Bahkan membutuhkan modal yang besar pula. Namun tampaknya tidak demikian bagi H Ahmad Suyuti. Hanya kemauan kuat saja yang diperlukan, serta keberanian menghadapi risiko. Terbukti kini dirinya sukses menjadi konsultan burung walet. Pria yang bertempat tinggal di Jl Mr Iskandar 97 Pati Jawa Tengah ini memulai budidaya burung walet pada tahun 1990 ketika masih bekerja di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pati. Menyusul usahanya yang semakin berkembang, setahun kemudian ia memilih keluar dari BRI. Padahal masa kerjanya masih 15 tahun. “Penghasilan yang didapat dari memelihara burung walet bisa mencapai puluhan juta rupiah. Dalam satu tahun bisa dipanen tiga kali. Setiap kali panen bisa memperoleh beberapa kilogram sarang walet. Sedangkan setiap kilogramnya senilai Rp 15 juta,” ujar Suyuti saat singgah di kantor Redaksi KR pekan lalu. Ia menolak anggapan bahwa untuk berbudidaya walet harus menyediakan bangunan rumah baru. Menurutnya, rumah tinggal yang selama ini kita huni pun dapat dijadikan sarang burung walet. Sehingga tidak harus dengan modal besar untuk memulai usaha ini. “Ada juga anggapan, kalau rumah kita dihuni burung walet dapat menimbulkan malapetaka seperti anak kita ada yang cacat fisik maupun mental. Itu hanya mitos,” tukasnya. Bapak tiga anak kelahiran Pati 16 Juni 1946 ini menjelaskan ciri-ciri rumah sederhana yang dapat dijadikan sarang burung walet. Antara lain sering dilewati atau dilintasi burung sriti atau walet. Juga sekitar rumah yang sering menjadi tempat berkeliarannya walet atau sriti mencari makan. Rumah bercirikan tersebut dapat dengan mudah untuk dijadikan sarang burung walet. Setelah itu Suyuti membuka sedikit rahasia untuk menarik burung walet masuk ke dalam rumah. “Caranya dengan memberikan bebauan yang mirip dengan bau kotoran burung walet. Selain itu juga dibunyikan suara yang mirip dengan burung walet dengan alat khusus di rumah atau ruangan yang memang dipersiapkan untuk rumah burung walet,” jelas konsultan walet yang dapat dihubungi melalui telepon 08122810392. Dikatakan, tidak sedikit pengguna jasa konsultasinya yang telah menuai sukses berbisnis sarang burung walet. Dalam mengikuti pelatihan, peserta memperoleh beberapa pengetahuan, antara lain membuat sarang dan mencucui sarang burung walet hitam maupun putih, sampai membuat sup dan jus dari sarang walet. Pelatihan itu, tandasnya, hanya membutuhkan waktu beberapa jam dan selesai dalam satu hari saja. Dengan bekal pengetahuan dan ketrampilan itu, dalam waktu singkat rumah sederhana sekalipun akan menjadi sarang walet. “Harga rumah kita pun bisa menjadi berlipat-lipat dibandingkan rumah biasa. Bayangkan saja rumah kita yang semula hanya Rp 50 juta, bisa menjadi Rp 300 juta. Apalagi memelihara burung walet ini tidak akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari karena tanpa harus memberi makan dan minum setiap harinya,” terang Suyuti. Ia juga berbagi pengetahuan tentang larangan dalam berbudidaya walet. Di antaranya tidak boleh ada bangunan menjulang tinggi yang berdempetan dengan rumah burung walet. Selain itu juga tidak boleh ada bau-bauan tidak sedap yang menyengat dari sekitarnya, harus dijauhkan dari bunyi-bunyian yang membisingkan dan tidak boleh menghadap ke sesuatu yang memantulkan cahaya sehingga menyilaukan. Untuk menghasilkan satu kilogram sarang burung walet dibutuhkan sekitar 110 pasang burung walet. Dalam memasarkan hasilnya, Suyuti masih terbatas untuk pengepul dalam negeri. Sebenarnya ia ingin menembus pasar ekspor namun masih mengalami kesulitan. “Saya masih mencari partner untuk ekspor,” tandas pemilik Muria Walet, konsultan budidaya dan rumah burung walet ini. (Aksan Susanto)-c

Disadur dari Koran KEDAULATAN RAKYAT

By:H. Ahmad Suyuti

18 Balasan ke Pilih Keluar dari Bank untuk menggeluti bisnis Walet

  1. archi mengatakan:

    Salam Kenal..
    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Cuma mau tanya, apakah perlu kita meningkat rumah supaya bisa dijadikan sarang walet.
    apakah nanti sarang itu tidak menimbulkan bau yang tidak sedap dilingkungan rumah. karena saya ingin sekali mencontoh usaha pak Suyuti tersebut

  2. waletonline mengatakan:

    CD WALET SUPER DAN CAIRAN PERANGSANG WALET MURAH!!
    CD SUARA BURUNG WALLET SUPER INI TELAH BANYAK MENGHASILKAN PULUHAN HINGGA RATUSAN KILO SARANG BURUNG DI RUMAH SARANG SAYA DAN KONSUMEN SAYA YANG BERADA DIBERBAGAI KOTA YAITU, JAKARTA, BOJONEGORO, CEPU, TARAKAN, PANGKALAN BUN, SAMARINDA, BONTANG,. INI SUDAH TERBUKTI, BEGITU JUGA CAIRAN PERANGSANGNYA!!
    cd walet

  3. waletonline mengatakan:

    CD WALET SUPER DAN CAIRAN PERANGSANG WALET MURAH!!
    CD SUARA BURUNG WALLET SUPER INI TELAH BANYAK MENGHASILKAN PULUHAN HINGGA RATUSAN KILO SARANG BURUNG DI RUMAH SARANG SAYA DAN KONSUMEN SAYA YANG BERADA DIBERBAGAI KOTA YAITU, JAKARTA, BOJONEGORO, CEPU, TARAKAN, PANGKALAN BUN, SAMARINDA, BONTANG,. INI SUDAH TERBUKTI, BEGITU JUGA CAIRAN PERANGSANGNYA!!
    rumah walet

  4. boy mengatakan:

    Apakah bisa dikembangkan di JABODETABEK..?
    Saya tinggal di bekasi, apakah bisa..?
    apa aja yg diperlukan..? perlu modal berapa..?

    Thk

  5. rijal mengatakan:

    salam, kalau untuk sarang burung walet apakah lokasinya harus selalu di daerah pantai. atau bisa di daerah sekitar sungai ? Apakah ada perbedaan antara walet pantai dan walet sungai ? terima hasih atas jawabannya

  6. riza mengatakan:

    bagaimana cara mendapatkan CD walet super dan Perangsang walet, berapa harga nya

  7. Cara Belajar Gitar mengatakan:

    ok,,,
    terima kasih ya pak untuk informasinya,.,.,.

  8. NOFA mengatakan:

    Saya telah membaca artikel saudara sangant menarik sekali. Tapi saya menawarkan bisnis ini, saya ada ruamah dua tingkat luasnya 200m2, terdapat sarang walet lokasi sangat strategis fasilitas telepon listrik, pam saya tawarkan Rp. 250 juta
    Jika berminat hubungi saya
    NOFA : 08172820997
    TELP ; (0289) 432806

  9. Didin Al bugisi mengatakan:

    Pak, saya juga punya rencana buat sarang walet, tapi rumah saya itu ada lima lantai dan rencananya lantai 4 & 5 saya mau jadikan sarang walet apakah memungkin kan tau tidak, tolong penjelasannya yang detil, terima kasih.

    Salam Jauh,

    Didin Albugisi

  10. yohanes mengatakan:

    dear pak akhmad
    saya memiliki tanah yang langsung berdekatan dengan rumah saya, menurut banyak ahli, tanah saya itu yang paling tepat berkembang biaknya burung walet bila dibangun, sementara hingga kini saya tidak mempunyai cukup dana untuk membangun walet tersebut,
    bisakah pak akhmad membantu saya untuk mencarikan investor yang dapat membangun gedung walet dengan sistem bagi hasil ataupun sejenisnya
    sangat berterimakasih pak
    tanah kami berada di daerah tempilang Bangka
    salam
    yohannes 081905036530

  11. Tri mengatakan:

    Pak Ahmad,saya tinggal di magelang.saya ingin rumah walet tp jrg di lewati walet,gimana solusinya?HP:08812735253.Terima kasih pak Ahmad jawabannya.

  12. haqqul yaqien mengatakan:

    aku ingin bisa budidaya walet

  13. H Abdul Muthalib mengatakan:

    Usaha di bdg SBW(sarang burung walet) yg InsyaAllah tdk akan mengecewakan/ dan tdk membuat kerusakan hutan,dan tidak mejadikan bencana2 Alam. Saya di sungai danau kec Satui,Kab Tanah Bumbu.Kal-Selatan Punya rumah samping mesjid besar SU Danau sudah di sarangi walet.
    Juga saya masih ada 3 lokasi tanah kosong yg setiap hari sllu di keliling2i koluni2 walet. Siapa yg berminat mau joint atau beli lahan kosong nya. Hub saja email saya or SMS ke 081251034935
    Terimakasih.

  14. adarahanan mengatakan:

    salam pa ahmad,brapa luas bangunan minimal supaya bisa jadi sarang burung walet?saya mau menjadikan lantai 2 saya jadi sarang burung walet?

  15. sari astutik mengatakan:

    salam sukses p.ahmad, yg mau sy tanyakan butuh modal brp ya pak untuk memulai bisnis ini,sedangkan sy tdk mempunyaimodal yg cukup besar tp sy pgen bisinis sarang burung walet…thx u/ jawabannya

  16. Sudiarto mengatakan:

    Assalamualikum, Bos, saya mau jual sarang walet/sriti kemana saya harus menjualnya? saya mohon informasi bos, dimana alamat pengepul yang terdekat dengan daerah saya? sya tinggal di Sleman DIY HP. 085868204522 (Sudiarto)

  17. Ade Riswan mengatakan:

    dicari investor yg mao kerja sama membangun gedung walet dan pengumpul sarang walet untuk didaerah saya ditapan pesisisr selatan sumatra barat kalau berminat hub 085365180180 kerja sama jangka panjang seterus nya yg penting sesusai kesepakatn perjajanjian kerja sama kt insya Allah hasil memuaskan dan makin maju

Tinggalkan Balasan

